Rabu, 14 Maret 2018

Tips Agar Membaca Tidak Membosankan


Agar membaca tidak membosankan
Hasil gambar untuk membaca
Assalamu`alaikum wr, wb
Ustadz Sofwan yang terhormat, setiap membaca buku, paling lama saya biasa berkonsentrasi hanya di lima belas menit pertama. Setelah itu mata terasa berat,  mengantuk, dan konsentrasi hilang. Mohon ustadz memberikan tips untuk menanggulangi masalah ini. Demikian dari  saya. Jazakumullah  khoir.
Wasssalam.

 Nahidi Sahman Maris
Bogor

Wa`alaikum salam wr, wb
Terima kasih atas pertanyaannya. Membaca merupakan salah satu kebiasaan yang sangat baik apalagi bagi seorang pelajar. Sebab dari kegiatan itu,  seorang pelajar dapat belajar berbagai objek, baik yang berhubungn dengan kegiatan dikelas, maupun di luar kelas. Membaca akan membosankan bahkan akan  menjadi kantuk, kalau dilakukan secara monoton. Karena itu beberapa ahli menyarankan agar memberlakukan membaca itu sebagaimana kegiatan makan. Memulai dengan sedikit demi sedikit dan mungkin dengan cara “ngemil”. Dengan itu saudara dapat menikmati isi buku yang diinginkan.
Ada beberapa tips aga membaca buku dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Diantaranya sebagai berikut :
Pertama, agar membaca buku tidak menyebabkan kantuk, buku yang dibaca  haruslah buku yang sesuai dengan tema-tema yang disukai kalaupun yang dibaca adalah buku yang anda mau tidak mau harus dibaca, sebelum anda mulai membaca timbulkan rasa senang dan keingintahuan terhadap buku tersebut. Awali dengan Basmallah dan doa semoga apa yang anda baca dapat dimengerti dan bermanfaat.
Kedua, sebelum membaca semua halaman buku, ada baiknya kalau buku-buku tersebut “dicicipi” terlebih dahulu. Biasanya dengan membaca daftar isi terlebih dahulu, rangkuman isi buku,atau dengan mencari informasi tentang informasi yang menarik.
Ketiga, untuk menyelesaikannya, membaca buku dapat dilakukan dengan cara ngemil (sedikit demi sedikit). Dengan jalan ini, buku setebal 500 halaman pun dapat diselesaikan dengan santai, yaitu dengan jalan mensari halaman-halaman yang menarik dan bermanfaat dalam buku tersebut.
Halaman-halaman ini sajalah yang sibaca dan didalami tidak perlu membaca semau halaman yang ada dalam sebuah buku cara ngemil ini juga berarti membaca sedikit-demi sedikit dalam waktu yang berbeda. Jika merasa mengantuk berhentilah sejenak, buat kegiatan lain (atau istirahat) selama beberapa menit kemudian kembali membaca. Mudah-mudahan dengan cara terseut kegiatan membaca menjadi menarik. Wallahu a`lam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih atas kunjungannya jangan lupa komen